Algoritma Dijkstra (dinamai menurut penemunya, seorang ilmuwan komputer, Edsger Dijkstra), adalah sebuah algoritma rakus (greedy algorithm) yang dipakai dalam memecahkan permasalahan jarak terpendek (shortest path problem) untuk sebuah graf berarah (directed graph) dengan bobot-bobot sisi (edge weights) yang bernilai tak-negatif.
Saat ini sudah banyak algoritma yang bisa digunakan untuk menemukan
pencarian rute terpendek, dan tidak bisa di pungkiri Djikstra masih
menjadi salah satu yang populer dari sekian banyak algoritma tersebut.
Pada postingan kali ini kita akan membahas mendetail mulai dari apa itu
algoritma djikstra dan dan bagaimana cara kerja algoritma djikstra.
Edsger Djikstra
Djikstra merupakan salah satu varian bentuk algoritma popular dalam
pemecahan persoalan terkait masalah optimasi pencarian lintasan
terpendek sebuah lintasan yang mempunyai panjang minimum dari verteks a
ke z dalam graph berbobot, bobot tersebut adalah bilangan positif jadi
tidak dapat dilalui oleh node negatif. Namun jika terjadi demikian, maka
penyelesaian yang diberikan adalah infiniti (Tak Hingga). Pada
algoritma Dijkstra, node digunakan karena algoritma Dijkstra menggunakan
graph berarah untuk penentuan rute listasan terpendek. Berikut Pseudo
Code dan Flowchart Algoritma Djikstra: